Beranda | Artikel
Bisikan Malaikat dan Bisikan Setan
Rabu, 8 Mei 2024

Bersama Pemateri :
Syaikh Abdurrazzaq bin Abdil Muhsin Al-Badr

Bisikan Malaikat dan Bisikan Setan adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Hadits-Hadits Perbaikan Hati. Pembahasan ini disampaikan oleh Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr pada Senin, 27 Syawal 1445 H / 06 Mei 2024 M.

Kajian Islam Ilmiah Tentang Bisikan Malaikat dan Bisikan Setan

ما منكم من أحد إلا وقد وكل به قرينه من الجن وقرينه من الملائكة…

“Tidak seorang pun di antara kalian kecuali telah ditugaskan temannya dari jin dan dari malaikat.” Mereka bertanya, “Meskipun engkau, Ya Rasulullah?” Beliau menjawab, “Juga kepadaku, akan tetapi Allah ‘Azza wa Jalla menolongku atasnya, maka ia masuk Islam dan tidak menyuruhku kecuali kebaikan.” (HR. Muslim)

Juga dari ‘Aisyah Radhiyallahu ‘Anha, bahwanya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam keluar dari kamarnya pada suatu malam. Kemudian, ia berkata, “Aku pun cemburu.” Maka beliau melihat apa yang aku kerjakan, dan bertanya, “Wahai Aisyah, apa yang engkau lakukan, apakah engkau cemburu?” Maka aku menjawab, “Bagaimana tidak cemburu, wanita sepertiku memiliki suami sepertimu.” Maka Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menjawab, “Apakah telah datang kepadamu setanmu, Aisyah?” Maka Aisyah menjawab, “Ya Rasulullah, apakah bersamaku ada setan?” Nabi mengatakan, “Iya.” Aisyah bertanya, “Dan bersama setiap orang?” Beliau menjawab, “Iya.” “Dan bersamamu juga ada, Ya Rasulullah?” Beliau menjawab, Aisyah bertanya, “Iya, tetapi Tuhanku telah menolongku sehingga masuk Islam.” (HR. Muslim)

Dari sahabat Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu ‘Anhu, dia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

إِنَّ لِلشَّيْطَانِ لَمَّةً بِابْنِ آدَمَ وَلِلْمَلَكِ لَمَّةً فَأَمَّا لَمَّةُ…

“Sungguhnya setan itu mempunyai bisikan kepada anak Adam, juga malaikat punya bisikan, adapun bisikan setan maka ajakan melakukan keburukan dan mendustakan kebenaran, adapun bisikan malaikat maka ia adalah ajakan melakukan kebaikan dan membenarkan yang haq, maka barangsiapa yang mendapatkan bisikan tersebut, hendaklah ia memuji kepada Allah. Dan barangsiapa yang mendapati selainnya, maka hendaklah ia meminta perlindungan dari setan yang terkutuk.” Kemudian, beliau membaca, ‘Setan menjajikan kepada kalian kefakiran, dan mengajak kalian melakukan perbuatan keji.`” (HR. Tirmidzi)

Sesungguhnya termasuk perkara yang penting untuk diperhatikan dalam memperbaiki hati, yaitu mengetahui perbedaan antara bisikan malaikat dan bisikan setan. Bisikan adalah sesuatu yang terbetik dalam hati. Sehingga orang yang menjaga dirinya, ia melihat apakah yang terbetik dalam hatinya itu adalah bisikan setan atau bisikan malaikat. Hendaklah ia benar-benar mengetahui perbedaan dengan ilmu dan cahaya ketakwaan, sebagaimana firman Allah ‘Azza wa Jalla,

إِنَّ الَّذِينَ اتَّقَوْا إِذَا مَسَّهُمْ طَائِفٌ مِّنَ الشَّيْطَانِ تَذَكَّرُوا فَإِذَا هُم مُّبْصِرُونَ

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa apabila digoda oleh setan mereka segara ingat dan mereka segara sadar.” (QS. Al-A’raf[7]: 201)

Maka apabila ia mengetahui bahwanya bisikan itu dari malaikat, hendaklah ia memuji kepada Allah, dan melanjutkannya. Dan jika jelas bahwasannya itu bisikan setan, hendaklah ia meminta perlindungan kepada Allah agar Allah selalu menjaganya.

Barangsiapa yang memperhatikan kondisi hati bersama malaikat atau bersama setan, ia akan mendapatkan sesuatu yang sangat menakjubkan. Karena terkadang setan lebih menguasai, terkadang malaikat lebih menguasai. Apabila malaikat yang memberikan bisikan kepadanya, maka ia akan merasakan kelapangan, cahaya, rahmat, keikhlasan, keinginan bertaubat, kecintaan kepada Allah, mendahulukan Allah daripada selainNya, memendekkan angan-angan, dan menjauhkan diri dari kehidupan dunia.

Apabila bisikan setan yang lebih menguasai, maka ia akan merasakan kesempitan, kegelapan, kesedihan, kegalauan, ketakutan, kebencian kepada takdir, keraguan kepada kebenaran, dan ketamakan terhadap dunia, serta kelalaian dari Allah ‘Azza wa Jalla.

Manusia bertingkat-tingkat dalam permasalahan ini. Di antara mereka, ada yang bisikan malaikat lebih menguasainya, ada juga yang bisikan setan lebih menguasai dirinya. Adapun bisikan malaikat, ia selalu membisikkan ke dalam hati ajakan berbuat jujur, berbuat adil, mengikuti petunjuk. Dan sebagian manusia lebih dikuasai oleh setan, sehingga setan membisikkan dalam hatinya keyakinan-keyakinan yang rusak, kedzaliman, mengikuti hawa nafsu.

Maka setan dan malaikat selalu bersilih berganti menguasai hati, seperti bergantinya siang dan malam. Di antara manusia, ada yang malamnya lebih panjang, ada juga yang siangnya lebih panjang, ada pula orang yang seluruhnya siang, ada yang seluruhnya malam. Sumber dari ilmu yang benar dan keinginan yang baik adalah dari bisikan malaikat, sebaliknya keyakinan yang batil dan keinginan yang buruk sumbernya adalah dari bisikan setan. Allah Ta’ala berfirman,

الشَّيْطَانُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُم بِالْفَحْشَاءِ ۖ وَاللَّهُ يَعِدُكُم مَّغْفِرَةً مِّنْهُ وَفَضْلًا…

“Setan menakut-nakuti kemiskinan kepada kalian dan mengajak kalian melakukan perbuatan keji. Dan Allah menjanjikan ampunan dan karunia dariNya.” (QS. Al-Baqarah[2]: 268)

Juga Allah Ta’ala berfirman,

 إِنَّمَا ذَٰلِكُمُ الشَّيْطَانُ يُخَوِّفُ أَوْلِيَاءَهُ…

“Sungguhnya setan menakut-nakuti kepada kalian wali-waliNya.” (QS. Ali ‘Imran[3]: 175)

Juga Allah Ta’ala berfirman,

وَإِذْ زَيَّنَ لَهُمُ الشَّيْطَانُ أَعْمَالَهُمْ وَقَالَ لَا غَالِبَ لَكُمُ الْيَوْمَ مِنَ النَّاسِ وَإِنِّي جَارٌ لَّكُمْ…

“Dan ingatlah ketika setan menghiasi amalan-amalan mereka dan mengatakan, ‘Tidak ada yang mengalahkan kalian pada hari ini dan aku adalah penolong kalian.`” (QS. Al-Anfal[8]: 48)

Setan adalah makhluk yang selalu membisikkan godaan kepada hati manusia. Namun apabila manusia berdzikir kepada Allah, maka setan itu akan menciut. Dan apabila seseorang lalai dari berdzikir, maka setan kembali membisikkan godaan-godaannya. Barangsiapa yang meninggalkan dzikir kepada Allah, ini akan menjadi sebab turunnya keyakinan yang batil dan keinginan yang buruk di dalam hati.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 yang penuh manfaat ini.

Downlod MP3 Ceramah Agama Tentang Bisikan Malaikat dan Bisikan Setan


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/54140-bisikan-malaikat-dan-bisikan-setan/